Sunday 16 August 2015

Thank you, but no (comment) thank you.



Came across postingannya Sarah Sechan waktu liburan. Dia pake baju renang one piece tapi keliatannya kaya pake bikini. Trus ada followernya yg komentar "hobinya pake bikini kalo ke pantai?" Trus si follower ini kena omel banyak orang karena di komen-komen yang lain dia bilang "ini indonesia, adat ketimurannya masih tinggi, ada banyak baju renang yg lebih sopan." 

Terus intinya masing-masing ada yang bela.

Aku jadi keinget temen orang Singapore yang bilang kenapa sih orang Indonesia ngurusin orang banget. Tadinya aku ga ngeh, tapi kalo liat case ini & suka liat gimana teman2ku yang muslimah berhijab aja suka di bully karena dibilang kurang syar'i dll, ya berarti bener juga ya... Orang Indonesia terlalu ngurusin hidup orang lain.

Jadi mikir juga, kalo gitu, gimana dong supaya hidup kita nggak dikomen & diurusin sama orang lain? Apa artinya kita nggak boleh punya pilihan hidup sendiri? Apa artinya kita nggak usah punya sosmed? Apa beneran akhirnya kita ciptain persona buat sisi-sisi kehidupan yang sebaiknya kita share? bukan fake, tapi hmm udah di edit. 

Buat aku, melelahkan banget managing image supaya sesuai norma orang. Plus sebenernya aku juga rada ga terima kalo apa yang aku post harus selalu proper, eye candy, minimalis atau justru extravagant. I can't live my life faux-candid, pouty, and always in low saturation.

Itu makanya aku merasa, aku mulai nggak relevan sama jaman ini. Aku ga peduli banget orang mikir apa soal aku. Menurut aku, sisi nggak bagus dari hal ini adalah, aku ga peduli aku keren apa engga menurut org lain. aku cuma peduli aku keren apa engga menurut standar aku sendiri. Dan standar aku sendiri itu nggak keren banget buat standar jaman sekarang.

The thing is, banyak banget orang merasa berkewajiban negur orang lain yang dianggap ga syar'i atau ga sesuai ajaran agama masing-masing. Padahal kenal aja engga. Walau dasar pemikirannya bisa dimengerti, tapi mungkin kecuali yang ditegur anak kita/kakak atau adik, aku ngerasa kita sebetulnya nggak punya hak menegur apalagi nyindir. Itu juga sebaiknya nggak dilakukan di ranah sepublik komen sosmed. Mungkin kalo kita ga setuju sama personality/pendapat/post orang yaa unfriend/unfollow aja. Our values are our own, our opinions are our own. Just because we can voice our mind, doesn't mean we should voice it over everything, every time.

Having said that, dari sisi yang posting, mungkin kita perlu lebih nyortir follower kita ngga? Tapi susah sih, secara, hari gini follower banyak bisa ngasih power of influence yang ujung-ujungnya bisa dikaryakan. 

Susah ya hidup di jaman internet. Mungkin kita punya 2 akun aja kali ya? Yg satu real & ga terbuka buat umum. Yang satu lagi yg buat showcase portfolio kita. Atau bisa juga, kalau kita lagi nggak kepengen dikomen kita tulis di caption, "Dengan tidak mengurangi rasa hormat, kami tidak menerima komen dalam bentuk sindiran, teguran, atau celaan. Kami menerima dengan senang hati, masukan berupa uang tunai, atau transferan, atau bisa juga pulsa hp atau pulsa listrik. Tengkyu."

Ribed banget idup di 2015, gimana 2065 ntar ya wkwkwkwkwk 


2 comments:

  1. Agree mb nina. Kadar ke-kepo-an masyarakat Indonesia makin g masuk akal. Pertanyaan kapan nikah? Udah hamil belum? Lahirannya normal apa sesar? Asi atau sufor? Stay at home mom atau working mom? Jadi hal yg wajar untuk ditanyakan dimasyarakat. Padahal itu annoying banget :(

    ReplyDelete
  2. Setuju mba Nina! Kadar kekepoannya ga masuk akal, malah cenderung kayak ngga punya manner.

    ReplyDelete